Pengembangan Media Balok Dari Bubur Kertas Sebagai Inovasi Pembelajaran Bagi Tutor Paud Di Wilayah Dki Jakarta

Authors

  • Yudrik Jahja Universitas Negeri Jakarta
  • Yasmin Faradiba Universitas Negeri Jakarta
  • Hikmah Hikmah Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i8.2166

Keywords:

PAUD, Media Pembelajaran, Inovasi, Media Balok, Balok Bubur Kertas

Abstract

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini mendorong tutor PAUD untuk selalu berinovasi dalam proses belajar mengajar, salah satunya dengan menciptakan media-media yang variatif dan menarik. Salah satu media tersebut adalah balok dari bubur kertas yang bermanfaat untuk melatih motorik anak, kemampuan analisis ruang dan kemampuan interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptrif dengan teknik pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi dari penelitian ini berasal dari tutor PAUD di wilayah Cipayung, Jakarta Timur serta beberapa anak PAUD di wilayah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk balok dari bubur kertas efektif dan efisien untuk digunakan di kelas, karena bahan-bahan tersedia di sekolah dan kertasnya sendiri dari kertas tidak terpakai di sekolah, kemudian mudah pembuatannya, relatif cepat dan aman bagi anak.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Jahja, Y., Faradiba, Y. ., & Hikmah, H. (2023). Pengembangan Media Balok Dari Bubur Kertas Sebagai Inovasi Pembelajaran Bagi Tutor Paud Di Wilayah Dki Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(8), 792–796. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i8.2166