Pengembangan Media Balok Dari Bubur Kertas Sebagai Inovasi Pembelajaran Bagi Tutor Paud Di Wilayah Dki Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i8.2166Keywords:
PAUD, Media Pembelajaran, Inovasi, Media Balok, Balok Bubur KertasAbstract
Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini mendorong tutor PAUD untuk selalu berinovasi dalam proses belajar mengajar, salah satunya dengan menciptakan media-media yang variatif dan menarik. Salah satu media tersebut adalah balok dari bubur kertas yang bermanfaat untuk melatih motorik anak, kemampuan analisis ruang dan kemampuan interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptrif dengan teknik pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi dari penelitian ini berasal dari tutor PAUD di wilayah Cipayung, Jakarta Timur serta beberapa anak PAUD di wilayah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk balok dari bubur kertas efektif dan efisien untuk digunakan di kelas, karena bahan-bahan tersedia di sekolah dan kertasnya sendiri dari kertas tidak terpakai di sekolah, kemudian mudah pembuatannya, relatif cepat dan aman bagi anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yudrik Jahja, Yasmin Faradiba, Hikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.