Pengaruh Permainan Pesan Berantai Terhadap Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia 4-5 Tahun Tk Islam Sultan Agung 02 Semarang

Authors

  • Siti Ariantiningsih Universitas PGRI Semarang
  • Muniroh Munawar Universitas PGRI Semarang
  • Anita Chandra Dewi Sagala Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i8.2172

Keywords:

Kemampuan Bahasa Reseptif, Permainan Pesan Berantai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh permainan pesan berantai terhadap kemampuan bahasa reseptif anak usia 4-5 tahun di TK Islam Sultan Agung 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode  Quasi Experimental design dalam bentuk  nonequiivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Islam Sultan Agung 02 Semarang. Yaitu kelompok A1 yang terdiri 13 anak dan Kelompok A3 yang terdiri 13 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Penggunaan metode permainan pesan berantai memiliki pengaruh yang signifikan dalam meninkakan kemapuan bahaa reepif anak kelas A TK Islam Sultan Agung 02 Semarang. Hasil analisis uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal dengan nilai Sig. (2-tiled) 0.200 > 0.05, dan uji homogenitas menunjukkan data bersifat homogen dengan nilai Sig. 0.955 > 0.05 . Hasil uji t terhadap data awal dan data akhir dengan nilai Sig. (2-Tiled) 0.005 < 0.05 yang artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat pengaruh metode bermain pesan berantai terhadap kemampuan bahasa reseptif anak.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Ariantiningsih, S., Munawar, M., & Sagala, A. C. D. . (2023). Pengaruh Permainan Pesan Berantai Terhadap Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia 4-5 Tahun Tk Islam Sultan Agung 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(8), 881–888. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i8.2172