Aplikasi Mendeley Berbasis 4c (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Dan Communication) Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Di Pokja Mgmp Ipa Jakarta Barat

Authors

  • Vrio Andris MTs.N 35 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i9.2225

Keywords:

aplikasi mendeley, 4C (critical thinking, creativity, collaboration, dan communication),, karya ilmiah

Abstract

Penelitian ini didasari oleh fakta bahwa masih banyak guru yang kesulitan saat menulis sitasi dalam karya lmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengadakan pelatihan aplikasi mendeley berbasis 4C dalam menulis karya ilmiah bagi guru- guru pada madrasah diwilayah Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Barat. Aplikasi mendeley ini diperuntukkan untuk memudahkan penulis dalam pembuatan sitasi dan mengorganisasikan rujukan-rujukan yang selama ini dipakai ataupun nanti akan dipakai. Metode penelitian berupa pelatihan berbasis 4C yaitu critical thinking atau berpikir kritis, creativity atau kreativitas, collaboration atau kolaborasi, dan communication atau komunikasi. Pelatihan ini dilaksanakan di POKJA IPA Jakarta Barat. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan penelitian mendapatkan respons yang postif dari seluruh peserta. Tahap 1 berpikir kritis (mencari masalah dan solusi), tahap 2 kreativitas (langkah-langkah menggunakan aplikasi mendeley), tahap 3 Kolaborasi (mulai menyusun sitasi dan referensi dengan menggunakan aplikasi mendeley dalam karya ilmiah), tahap terakhir komunikasi (tanya jawab berkaitan dengan permasalahan    dan solusi selamapelatihan berlangsung).

Downloads

Published

2023-10-16

How to Cite

Andris, V. (2023). Aplikasi Mendeley Berbasis 4c (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Dan Communication) Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Di Pokja Mgmp Ipa Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(9), 1016–1027. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i9.2225