The Effectiveness Of Jago Bahasa’s Video On Instagram Towards Students’ Vocabulary Acquisition At The Second Grade Students Of Man 1 Jember

Authors

  • Ismi Fauziah Hanum UIN KHAS, Jember
  • Febrina Rizky Agustina UIN KHAS, Jember

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i10.2242

Keywords:

Video Bahasa Indonesia, Pemerolehan Kosakata

Abstract

Kosakata adalah salah satu komponen bahasa Inggris yang harus dipelajari oleh siswa karena dapat membantu siswa memperoleh keterampilan bahasa Inggris lebih mudah dan untuk membantu dalam membangun komunikasi bahasa Inggris. Selain itu, siswa kelas dua MANPK2 MAN 1 Jember membutuhkan bantuan dalam memperoleh kosakata. Siswa hanya dapat memperoleh sebagian dari kosakata yang telah disampaikan guru. Namun, ketika pertemuan berikutnya, siswa tidak dapat menyebutkan seluruh kosakata yang disampaikan dalam pertemuan terakhir mereka; Selain itu, mereka harus membaca buku mereka sebelum menyebutkan bagian dari kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa yang diajar menggunakan video Jago Bahasa di Instagram mendapat nilai lebih baik daripada mereka yang diajar tanpa video di kelas dua MAN 1 Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini adalah dari skor pre-test dan post-test dan dianalisis menggunakan uji T sampel Independen dengan versi IBM SPSS 26.0 untuk menghitung data. Berdasarkan pengujian hipotesis, skor post-test yang dihitung menunjukkan Sig. 0,000 < 0,05, yang ditafsirkan bahwa Hά diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada skor yang berbeda antara siswa yang diajar menggunakan video Jago Bahasa di Instagram dan mereka yang diajar tanpa itu di kelas dua MAN 1 Jember. Artinya, menggunakan video Jago Bahasa di Instagram sebagai media pembelajaran siswa kelas dua MAN 1 Jember itu efektif.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Fauziah Hanum, I., & Rizky Agustina, F. . (2023). The Effectiveness Of Jago Bahasa’s Video On Instagram Towards Students’ Vocabulary Acquisition At The Second Grade Students Of Man 1 Jember . Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(10), 1038–1048. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i10.2242