Pengaruh Media Komputerisasi Akuntansi Terhadap Minat Siswa Pelajaran Akuntansi Dasar Pada Jurusan Akl Di Smk Bina Siswa Utama Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i10.2252Keywords:
Komputerisasi, akuntansi, minat siswaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dampak pembelajaran berbasis komputer pada minat siswa dalam mata pelajaran Akuntansi Dasar di Jurusan AKL di SMK Bina Siswa Utama Bekasi. Penelitian ini melibatkan 100 siswa dari populasi sebanyak 114 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan komparatif-asosiatif dan survei lapangan. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test serta analisis regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis komputer memberikan hasil rata-rata sebesar 3,43, yang berada dalam kategori "Sangat Baik", sementara pembelajaran konvensional memberikan hasil rata-rata sebesar 3,14, dalam kategori "Baik". Siswa jurusan AKL di SMK Bina Siswa Utama Bekasi menunjukkan minat yang tinggi dengan nilai rata-rata 3,45, dalam kategori "Sangat Berminat" terhadap mata pelajaran Akuntansi Dasar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran berbasis komputer dan pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran Akuntansi Dasar. Selain itu, media pembelajaran berbasis komputer memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa dalam mata pelajaran Akuntansi Dasar di Jurusan AKL di SMK Bina Siswa Utama Bekasi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahma Saniyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.