Pengaruh Minat Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Pgri 1 Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i10.2253Keywords:
Minat Belajar, Hasil Belajar, Kompetensi PedagogikAbstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu minat belajar, minat belajar merupakan hal yang penting dalam setiap pembelajaran, terutama dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA PGRI 1 Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X IPS SMA PGRI 1 Bekasi sebanyak 72 orang. Penelitian menunjukan bahwa Minat Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar. Dengan pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,517 yang berarti 51,7%. Variabel Hasil Belajar dapat dijelaskan oleh variabel Minat Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru sedangkan sisanya sebesar berarti 48,3% dijelaskan oleh variabel lain. Secara parsial variabel Minat Kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar dengan nilai t-hitung 4,803 > 1.99547 t-tabel dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Secara parsial hasil variabel Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru memiliki pengaruh signifikan terhadap Hasil belajar dengan nilai t-hitung 2,036 > 1.99547 t tabel data signifikansi sebesar 0,04 < 0,05. Sedangkan berdasarkan hasil uji simultan yang didapatkan dari penelitian ini pada variabel Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja telah diperoleh hasil nilai 12,577 > 3,13.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kafila Aulia Jannati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.