Pojok Literasi Berbasis Pendidikan Masyarakat Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Literasi di Kelurahan Wanareja Subang
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i11.2274Keywords:
Literasi, Pendidikan Masyarakat,, kesadaran litarasiAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran literasi warga Kelurahan Wanareja Kabupaten Subang melalui pojok literasi berbasis pendidikan masyarakat. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan pendampingan dan pengajaran. Mitra dalam pengabdian ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Subang, Dinas Perpustakaan Kabupaten Subang dan Pemerintah Kelurahan Wanareja Subang. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan kegiatan pengabdian ini adalah berupa kuesioner yang diberikan kepada setiap penanggung jawab pojok literasi. Hasil pengabdian ini adalah terlaksananya program 5 pojok literasi di Kelurahan Karanganyar Subang, yaitu: Pojok Membaca, Pojok Menulis, Pojok Pengenalan Internet, Pojok Pelatihan Komputer dan Pojok Pengenalan MS. Office. Terdapat peningkatan literasi di kalangan masyarakat Kelurahan Wanareja Subang sebanyak 28,61%. Peningkatan tersebut dilihat dari jumlah masyarakat sebelum kegiatan yang hanya terdapat 52,2% yang paham akan literasi, kemudian meningkat menjadi 80,8% setelah dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini. Respon masyarakat Kelurahan Wanareja Subang, terutama orang tua terhadap program pojok literasi sangat baik, dilihat dari jumlah anak-anak yang ikut melaksanakan pembelajaran di pojok literasi. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan kesadaran literasi di Kelurahan Wanareja Subang.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asep Sanda, Suci Ananda Mulyadi, Syifa Imanda Fauzia, Nadhia Chica Marlina, Galang Januar, Romul Aji Pamungkas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.