Feedback on Students’ Writing: What Should Teachers Do?

Authors

  • Febrina Rizky Agustina UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i10.2292

Keywords:

Writing Skill Feedback, Problem-oriented Metadiscourse, Solution-oriented Metadiscourse, English Skill

Abstract

Keterampilan menulis dalam bahasa Inggris dianggap sulit karena memerlukan pemahaman bahasa dan latihan yang terus-menerus. Penelitian ini merinci hasil penelitian Adel (2017) yang mengeksplorasi umpan balik guru terhadap tulisan mahasiswa di Swedia, terutama fokus pada metadiskursus, seperti visibilitas penulis/pembaca dan visibilitas teks/kode. Temuan Adel mencakup enam pertimbangan penting dalam memberikan umpan balik yang efektif terhadap tulisan mahasiswa, terutama di tingkat pendidikan tinggi. Penelitian menyoroti peran visibilitas dalam membantu mahasiswa memahami fokus revisi tulisan mereka. Namun, belum memberikan solusi konkret terkait masalah komunikasi dan menekankan pentingnya waktu, kejelasan, dan motivasi dalam memberikan umpan balik yang tidak hanya segera tetapi juga jelas, spesifik, dan memotivasi tanpa merendahkan mahasiswa. Pentingnya menjaga kerahasiaan umpan balik dan menetapkan kriteria evaluasi yang jelas juga ditekankan, dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa di tingkat pendidikan tinggi.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Rizky Agustina, F. (2023). Feedback on Students’ Writing: What Should Teachers Do?. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(10), 1175–1182. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i10.2292