Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa

Authors

  • Wisnu Adi Prasetyo Universitas Indraprasta Pgri

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i10.2293

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran, Efikasi Diri, Kemampuan Berpikir, Kreatif Matematika Siswa

Abstract

Pemerintah tidak menyadari bahwa mengubah kurikulum saja tidak cukup, sebab perubahan kurikulum tidak dengan sendirinya dapat merubah pola berpikir siswa terutama dalam pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel berukuran 72 siswa yang terdiri atas 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA 2 arah dan Uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMK Swasta di Kota Tangerang Selatan, diperoleh nilai sig (sig = 0,005 < 0,05), 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMK Swasta di Kota Tangerang Selatan, diperoleh nilai sig (sig = 0,000 < 0,05), 3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan efikasi diri terhadap terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMK Swasta di Kota Tangerang Selatan, diperoleh nilai sig (sig = 0,024 < 0,05). Untuk peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika pada sekolah menengah kejuruan dapat dilakukan melalui penerapan pendekatan Matematika Realistik dan atau melalui peningkatan efikasi diri siswa.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Adi Prasetyo, W. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(10), 1148–1174. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i10.2293