Efektivitas E-Book Interaktif pada Topik Pemanasan Global untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Tingkat SMA

Authors

  • Haura Fauziyyah Halilah
  • Dadi Rusdiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hera Novia Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i11.2414

Keywords:

E-Book Interaktif, Keterampilan Berpikir Kritis, Pemanasan Global

Abstract

Penelitian terhadap efektivitas e-book interaktif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis perlu dilakukan sebagai bagian dari penelitian pengembangan e-book interaktif secara utuh. Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhkan sumber belajar yang terintegrasi dengan program belajar mandiri yang dapat melatihkan peserta didik untuk berpikir kritis. Sebagaimana keterampilan abad ke-21 yang harus dimiliki oleh peserta didik yang dipersiapkan untuk menjadi decisions maker ber-literasi sains di masa depan. Analisis efektivitas e-book interaktif yang dikembangkan dilakukan melalui implementasi dengan control group pre-test post-test design yang melibatkan 32 peserta didik. Metode pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation).  Hasil implementasi menunjukkan rata-rata ukuran peningkatan pada kontrol sebesar 0,40, sedangkan rata-rata ukuran peningkatan kelas eksperimen sebesar 0,53. Ukuran kekuatan dampak penggunaan e-book interaktif dibandingkan dengan penggunaan modul ditunjukkan oleh nilai effect size sebesar 0,73 yang berada pada kategori cukup berdampak.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Halilah, H. F., Rusdiana, D. ., & Novia, H. (2023). Efektivitas E-Book Interaktif pada Topik Pemanasan Global untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Tingkat SMA . Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(11), 1263–1274. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i11.2414