Perspektif Muhammad ‘Abduh dalam Pembaharuan Pendidikan Islam

Authors

  • Asmaul Afifah Irfindari Universitas Muhammadiyah Malang
  • Aulia Anis Al Jannah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Zulfa Ridhani Abwi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i08.247

Keywords:

Muhammad ‘Abduh; pendidikan; pembaharuan

Abstract

Latar Belakang: Dalam pendidikan, suatu ilmu akan senantiasa berkembang sejalan dengan berkembangnya zaman. Maka dari itu dibutuhkan pembaharuan pada sistem pendidikan.

Tujuan: Memaparkan hasil penelitian, bahwasannya peneliti menawarkan perspektif Muhammad ‘Abduh dalam menjawab fenomena di atas dengan dilakukanya pembaharuan pendidikan Islam agar meminimalisir kesenjangan antara kedua sistem pendidikan yang berbeda.

Metode: Menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan studi kepustakaan atau library research.

Hasil: Melakukan pembaharuan tujuan pendidikan sesuai dengan zaman merupakan sebuah sikap yang tepat dan progresif. Pendidikan Islam saat ini perlu penyelarasan antara ilmu dunia dan ilmu akhirat yang selaras dengan ajaran Rasulullah. Kolaborasi dua sisi tersebut mampu mewujudkan kader yang mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dunia didasari nilai ilahi.

Kesimpulan: Memperbaharui tujuan pendidikan sesuai perkembangan zaman adalah sikap yang tepat, karena setiap solusi akan ketinggalan zaman sehingga membutuhkan solusi baru.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Afifah Irfindari, A., Al Jannah, A. A. ., & Ridhani Abwi, Z. . (2021). Perspektif Muhammad ‘Abduh dalam Pembaharuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(08), 1306–1312. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i08.247