Peranan Manajemen Pendidikan Islam dalam Era Pendidikan Kontemporer

Authors

  • Laras Safila Anaya Universitas Muhammadiyah Malang
  • Fakhirah Fakhirah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Qonita Farhana Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i08.251

Keywords:

manajemen; pendidikan Isla; pendidikan kontemporer.

Abstract

Latar Belakang: Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, dan pemakaian sumber daya demi tercapainya tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Manajemen, pada dasarnya, bukan hal-hal baru dalam kehidupan manusia. Senior, manusia sudah belajar. Secara ilmiah, pemerintahan baru dirumuskan pada awal abad ke-19, tetapi laktik telah berlanjut selama ribuan tahun.

Tujuan: Menumbuhkan kesadaran manusia agar mereka tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berakhlak mulia dalam era pendidikan kontemporer.

Metode: Menggunakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan deskriptif studi keperpustakaan (Library research).

Hasil: Bahwasanya manajemen merupakan suatu bentuk kerja sama untuk mencapai tujuan itu bersama-sama menggandengangan satu sama lain dengan tahapan-tahapan tertentu.

Kesimpulan: Pendidikan Islam di Era Kontemporer merupakan pendidikan rahmatan lil alamin yang mampu menjadikan pendidikan Islam sebagai penggerak, contoh baik, dan juga memberikan perubahan baik untuk dunia dan seisinya. Dalam hal tersebut tentu dibutuhkannya manajemen agar dapat berjalan dengan lancar, maka sesuatu yang akan kita lakukan harus dibentuknya manajemen pendidikan Islam agar semua rencana berjalan dengan baik dan juga terorganisir.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Safila Anaya, L., Fakhirah, F., & Farhana, Q. . (2021). Peranan Manajemen Pendidikan Islam dalam Era Pendidikan Kontemporer. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(08), 1365–1373. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i08.251