Kepemimpinan Membentuk Karakter dalam Pendidikan

Authors

  • Meila Weeke Alfulana Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mochammad Fikri Alby Rapsjani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ahmad Fauzi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i08.253

Keywords:

kepemimpinan; karakter; pendidikan.

Abstract

Latar Belakang: Kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang dalam memimpin dan menduduki jabatan, sebagai pemimpin satuan kerja, sehingga dengan perilaku positifnya ia memberikan sumbangsih dalam pencapaian organisasi.

Tujuan: Untuk mengetahui kontribusi sikap "Kepemimpinan" dalam membentuk karakter peserta didik.

Metode: Menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan model penelitian (library research) yaitu kajian pustaka mengenai tentang Kepemimpinan Membentuk Karakter Dalam Pendidikan.

Hasil: Kepemimpinan memiliki peran sebagai penentu arah, agen perubahan, sebagai juru bicara dan sebagai pelatih. Sehingga dengan berjalannya peran ini maka pembentukan karakter dalam pendidikan akan tercipta dengan sendirinya.

Kesimpulan: kepemimpinan memiliki peran penting. Dalam memimpin dan menduduki jabatan, sebagai pemimpin satuan kerja, sehingga dengan perilaku positifnya ia memberikan sumbangsih dalam pencapaian organisasi. Sedangkan kepemimpinan dalam perspektif Islam , adalah seseorang yang mampu menjadi khalifatun fil ardh.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Weeke Alfulana, M., Alby Rapsjani, M. F. ., & Fauzi, A. . (2021). Kepemimpinan Membentuk Karakter dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(08), 1387–1394. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i08.253