Relevansi Manajemen Kesiswaan Guna Menopang Kelembagaan Pendidikan Islam

Authors

  • Shalahuddin Al Syaifullah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nidya Ulfah Nasution Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nur’aida Sofiah Sinaga Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i08.254

Keywords:

manajemen siswa; lembaga pendidikan; Islam.

Abstract

Latar Belakang: Manajemen kesiswaan dalam pendidikan Islam merupakan suatu proses penataan atau pengelolaan peserta didik  pada lembaga pendidikan Islam tertentu yang melibatkan sumber daya manusia muslim dan menggerakkannya untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien.

Tujuan: Untuk mengatur berbagai kegiatan dalam bidang kesiswaan agar kegiatan pembelajaran di sekolah dapat berjalan lancar, tertib dan teratur, serta efektif dan efisien.

Metode: Menggunakan metode penelitian kepustakaan atau yang bisa disebut Library Research, yaitu serangkaian kegiatan dengan membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Berdasarkan buku atau majalah, jurnal, skripsi, dan sumber data lainnya untuk mengumpulkan data dari berbagai literatur baik perpustakaan ataupun di tempat-tempat lain.

Hasil: Pentingnya manajemen kesiswaan dalam suatu lembaga pendidikan khususnya dalam naungan lembaga pendidikan Islam. Karena dengan manajemen perencanaan semua kegiatan di lembaga pendidikan dapat dilaksanakan secara teratur dan terencana agar peserta didik mampu mengikuti proses belajar mengajar secara efektif dan efisien, dengan membina peserta didik menuju suatu bentuk ketakwaan kepada Allah SWT.

Kesimpulan: Manajemen kesiswaan salah satu bidang terpenting dalam bidang operasional, dengan adanya manajemen kesiswaan tujuan untuk mengatur seluruh aktivitas pembelajaran dapat terjalankan dengan baik, lancar, tertib, dan tertata serta dapat tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang baik.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Al Syaifullah, S., Ulfah Nasution, N. ., & Sofiah Sinaga, N. . (2021). Relevansi Manajemen Kesiswaan Guna Menopang Kelembagaan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(08), 1420–1428. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i08.254