Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Ginna Novarianti Dwi Putri Pramesti Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i12.2617

Keywords:

Metode role playing, Motivasi belajar

Abstract

Dalam konteks pembelajaran, guru juga perlu pandai memanfaatkan sarana dan prasarana yang dapat mendukung kegiatan proses pembelajaran sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lemah Abang melalui penerapan Metode Pembelajaran Role Playing pada materi Bersikap Santun. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Lemah Abang yang berjumlah 35 siswa. penelitian terdiri dari dua siklus masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan bersama dengan pelaksanaan penelitian pada saat proses pembelajaran. Pelaku pengumpulan data adalah peneliti dan teman sejawat yang bertugas sebagai observerr. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Role Playing pada materi Bersikap Santun dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Lemah Abang. Hal ini dapat dibuktikan dengan keaktifan dan semangat siswa serta hasil belajar yang meningkat. Dalam target Penelitian ini adalah mencapai 80% dari jumlah siswa. untuk memperjelas mengenai data ketuntasan belajar. Ketuntasan pada pra-siklus hanya mencapai 50%, kemudian pada siklus 1 ada sedikit peningkatan 65%. Sedangkan pada siklus 2 kembali meningkat mencapai Angka 100%. Artinya dalam penelitian ini sudah melebihi target yang telah ditetapkan, yakni 80%.

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Dwi Putri Pramesti, G. N. (2024). Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(12), 1356–1365. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i12.2617