Meninjau Manajemen Pendidikan Islam Secara Deskriptif Guna Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i08.262Keywords:
manajemen; pindidikan Islam.Abstract
Latar Belakang: Manusia merupakan salah satu ciptaan Allah SWT yang paling baik dan sempurna. Sering pula disebut sebagai khalifah di muka bumi. Oleh karena itu manusia harus menciptakan sesuatu yang berkemajuan dalam segala aspek terutama Pendidikan . Karena menurut Freire dalam bukunya pendidikan alat perlawanan, pendidikan adalah proses humanisasi. Tujuan penelitian yang berinstrumenkan kajian Pustaka ini guna meninjau secara deskriptif hakikat manajemen pendidikan Islam guna merelevansikan dengan dinamika perubahan zaman.
Tujuan: Meningkatkan kualitas kehidupan umat dari suatu keterbelakangan menuju masyarakat berkemajuan lewat pendidikan.
Metode: Metode penelitan ini merupakan metode penelitian kualitatif dan juga kajian Pustaka dengan menggunakan buku dan jurnal sebagai instrumen.
Hasil: Dalam manajemen pendidikan Islam manusia dapat melakukan proses pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara Islami dengan cara menyiasati sumber-sumber belajar dan hal-hal terkait untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien.
Kesimpulan: Manajemen dalam pendidikan Islam berperan begitu penting untuk kehidupan sehari hari maupun dalam mencari ilmu untuk melakukan suatu hal yang terencana dan terminimalisir.