Relevansi Kurikulum SMK Ibnu Khaldun dengan Konsep Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i9.2668Keywords:
Revelensi kurikulum, Pendidikan perspektif, Ibnu KhaldunAbstract
Pendidikan merupakan salah satu fenomena sosial Secara signifikan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pribadi dan masyarakat, termasuk orang tua, pendidikan dan lingkungan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sejauh mana kurikulum SMK Ibnu Khaldun sesuai dengan konsep pendidikan yang dijelaskan oleh Ibnu Khaldun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kurikulum di SMK Ibnu Khaldun memiliki relevansi yang tinggi dengan konsep pendidikan perspektif Ibnu Khaldun. Pendidikan di SMK IB mencerminkan prinsip-prinsip Ibnu Khaldun dalam membentuk individu yang kompeten, beriman, dan mampu bersaing di dunia kerja modern. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kurikulum pada masa Ibnu Khaldun masih terbatas pada maklumat-maklumat dan pengetahuan yang dikemukakan oleh guru atau sekolah dalam bentuk mata pelajaran yang terbatas atau dalam bentuk kitab-kitab tradisional yang tertentu, yang dikaji oleh murid dalam tiap tahap pendidikan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Luthfiah Luthfiah, Mar’atus Solikhah, Lutfiyatut Tamamiyah, Ginna Novarianti Dwi Putri Pramesti, Siti Ainul Kholipah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.