Relevansi Kurikulum SMK Ibnu Khaldun dengan Konsep Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun

Authors

  • Luthfiah Luthfiah STAI Kuningan
  • Mar’atus Solikhah Politeknik Siber Cerdika Internasional
  • Lutfiyatut Tamamiyah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Ginna Novarianti Dwi Putri Pramesti Universitas Kuningan
  • Siti Ainul Kholipah Politeknik Siber Cerdika Internasional

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i9.2668

Keywords:

Revelensi kurikulum, Pendidikan perspektif, Ibnu Khaldun

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu fenomena sosial Secara signifikan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pribadi dan masyarakat, termasuk orang tua, pendidikan dan lingkungan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sejauh mana kurikulum SMK Ibnu Khaldun sesuai dengan konsep pendidikan yang dijelaskan oleh Ibnu Khaldun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kurikulum di SMK Ibnu Khaldun memiliki relevansi yang tinggi dengan konsep pendidikan perspektif Ibnu Khaldun. Pendidikan di SMK IB mencerminkan prinsip-prinsip Ibnu Khaldun dalam membentuk individu yang kompeten, beriman, dan mampu bersaing di dunia kerja modern. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kurikulum pada masa Ibnu Khaldun masih terbatas pada maklumat-maklumat dan pengetahuan yang dikemukakan oleh guru atau sekolah dalam bentuk mata pelajaran yang terbatas atau dalam bentuk kitab-kitab tradisional yang tertentu, yang dikaji oleh murid dalam tiap tahap pendidikan.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Luthfiah, L., Solikhah, M., Tamamiyah, L., Dwi Putri Pramesti, G. N., & Ainul Kholipah, S. (2024). Relevansi Kurikulum SMK Ibnu Khaldun dengan Konsep Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(9), 907–917. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i9.2668