Manajemen Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPIT Ibnu Khaldun Cirebon

Authors

  • Ibnu Ubaedila Universitas Cendekia Mitra Indonesia
  • Anak Agung Alit Merthayasa Universitas Cendekia Mitra Indonesia
  • Akhmad Khariri Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Sayudin Sayudin Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Lutfiyatut Tamamiyah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i10.2695

Keywords:

Manajemen, Tenaga Pendidik, Mutu Pendidikan

Abstract

Manajemen Tenaga Pendidik umumnya merupakan bagian dari manajemen personalia. Manajemen Tenaga Pendidik bertujuan untuk menciptakan bagaimana pendidik berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan sebagai pendidik dengan tugas tertentu. SMP Islam Terpadu Cirebon merupakan salah satu lembaga pendidikan yang cukup berkembang dan salah satu faktor pendukungnya adalah manajemen Tenaga Pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rekrutmen, seleksi dan penempatan guru untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses rekrutmen tenaga pendidik di SMPIT Ibnu Khaldun Cirebon dilakukan langsung oleh kepala sekolah dengan pendampingan dari Waka Kurikulum serta pihak yayasan. Dalam perekrutan tenaga pendidik baru perlu diperhatikan beberapa aspek, terutama mengingat kondisi dan kebutuhan sekolah, calon guru yang akan diangkat harus memiliki pendidikan S1. 2) Proses seleksi calon guru SMPIT Ibnu Khaldun Cirebon dilakukan dalam beberapa tahapan, yang pertama adalah pengajuan, yang kedua adalah ujian tulis dan lisan pada bidang profesi yang dimiliki calon guru, dan proses terakhir adalah penerimaan calon guru tersebut. yang memenuhi persyaratan. 3) Penempatan Pendidik di SMPIT Ibnu Khaldun Cirebon. Proses selanjutnya adalah menempatkan tenaga pendidik dengan cara diselaraskan dengan kebutuhan yang kurang dimiliki oleh sekolah yaitu menempatkannya pada bidang yang akan menjadi keahlian tenaga pendidik baru tersebut.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Ubaedila, I., Alit Merthayasa, A. A. ., Khariri, A. ., Sayudin, S., & Tamamiyah, L. (2024). Manajemen Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPIT Ibnu Khaldun Cirebon. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(10), 1049–1067. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i10.2695