Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ulfah Priandari SMA Negeri 1 Sutojayan Kabupaten Blitar

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i2.2706

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Instruction (PBI), Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Menulis adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan siswa dalam proses pembelajaran, terutama untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran menulis sudah sejak lama dilaksanakan dengan berbagai metode, tetapi sampai saat ini belum ada hasil yang optimal. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada materi menulis karya ilmiah di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Sutojayan tahun pelajaran 2021/2022 dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada materi menulis karya ilmiah di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Sutojayan tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di sekolah tempat peneliti mengajar, yaitu SMA Negeri 1 Sutojayan. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 selama kurang lebih 1 bulan secara tatap muka, mulai tanggal 1 Februari s.d. 4 Maret 2022. Dalam penelitian ini subjek yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri I Sutojayan tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis karya ilmiah melalui penerapan model Problem Based Instruction di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Sutojayan tahun pelajaran 2021/2022 terlaksana semakin baik, dengan tingkat keterlaksanaan aktivitas siswa dari Siklus I sebesar 75,00%, dan Siklus II sebesar 91,67%.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Priandari, U. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 92–106. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i2.2706