Keefektifan PowerPoint pada Kemampuan Berhitung dan Mengenalkan Geometri Anak Usia 5-6 tahun

Authors

  • Novi Herawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Swantyka Ilham Prahesti Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i3.2723

Keywords:

Media pembelajaran, power point, kemampuan berhitung, mengenalkan bentuk geometri pada anak.

Abstract

Keterampilan berhitung dan mengenal bentuk geometri merupakan bidang studi yang memfokuskan pada angka, bentuk, dan konsep-konsep dari yang nyata hingga yang abstrak. Studi ini bertujuan untuk merangsang kemampuan berpikir anak usia dini, memungkinkan mereka mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berhitung dan mengenal geometri anak juga bisa mengenal literasi angka dasar untuk mempersiapkan anak ke jenjang yang berikutnya. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk; menganalisis sejauh mana efektivitas penerapan media pembelajaran berupa presentasi Power point terhadap perkembangan kemampuan berhitung dan memperkenalkan konsep geometri kepada anak. Hasil penelitian ini mengalami peningkatan kemampuan mengenalkan konsep berhitung dan bentuk geometri pada anak. Anak-anak kini dapat mengingat kembali pelajaran yang diberikan guru dengan mengungkapkan ide-ide kreatif melalui aktivitas bermain game. Bagi Peneliti Berikutnya, Temuan penelitian ini diinginkan dapat berfungsi sebagai motivasi untuk peneliti berikutnya agar melakukan kajian mendalam terhadap materi pembelajaran berbasis Power point yang menjawab permasalahan tantangan dalam kerangka pendidikan bagi anak-anak usia dini.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Herawati, N., & Ilham Prahesti, S. (2024). Keefektifan PowerPoint pada Kemampuan Berhitung dan Mengenalkan Geometri Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(3), 107–116. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i3.2723