Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Matematika: Studi Di SD Inpres Dhereisa
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v5i7.2857Keywords:
Kemampuan Numerasi, Soal Matematika, Kelas 5 DasarAbstract
Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SD Inpres Dhereisa dimana siswa-siswi mengalami kesulitan numerasi dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan numerasi siswa kelas V SD Inpres Dhereisa dalam menyelesaikan soal matematika. Untuk mencapai tujuan penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengambilan data siswa kelas V yang menyelesaikan soal matematika melalui tes dan observasi langsung. Data penelitian diperoleh di SD Inpres Dhereisa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 21 yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian kemampuan numerasi siswa kelas V dalam menyelesaikan soal matematika menunjukan rata-rata persentase siswa yang menjawab benar 59% dan 41% siswa yang menjawab salah dari 20 butir soal matematika. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan numerasi siswa kelas V SD Inpres Dhereisa dalam menyelesaikan soal matematika dapat dikategorikan rendah.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oda Paulina Igo, Dek Ngurah Laba Laksana, Maria Desidaria Noge, Dimas Qondias
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.