Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Media Gambar

Authors

  • Nadia Shefa Azkia Program Excellent Class Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung, Jayanti, Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i5.2859

Keywords:

Pembelajaran bahasa Arab, Media gambar

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dapat menjadikan kegiatan belajar mengajar lebih efektif. Media pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan pesan pembelajaran serta lebih cepat dan lebih mudah ditangkap oleh siswa. Bahasa Arab sendiri merupakan salah satu mata pelajaran di Pondok Pesantren Daar El-Qolam yang sangat penting dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tulisan. Pembelajaran bahasa Arab seringkali membuat siswa merasa bosan jika pembelajaran berlangsung monoton dan guru hanya menggunakan metode ceramah saja. Pondok Pesantren Daar El-Qolam khususnya kelas I A menggunakan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab agar seluruh siswa tidak merasa bosan dan lebih memahami materi pembelajaran tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa problem-problem yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Arab, Apa alternatif solusinya, dan Bagaimana pembelajaran Bahasa Arab melalui media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problem-problem apa saja yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Arab, mencari tahu solusi alternative yang dapat digunakan untuk mengatasi problem tersebut, dan menjelaskan pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik deskriprif kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 2 dimulai pada bulan Desember 2019- Agustus 2020.

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Azkia, N. S. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Media Gambar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(5), 190–201. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i5.2859