Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Peserta Didik di SMA Mekar Arum Cileunyi
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v5i6.2861Keywords:
Quantum Teaching, Berpikir Kritis, Peserta DidikAbstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik, dikarenakan keterampilan berpikir kritis dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dikelas dan juga berguna bagi peserta didik dilingkungan masyarakat kelak, berdasarkan hal tersebut keterampilan berpikir kritis peserta didik harus ditumbuhkan pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran PPKn, penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap guru dan peserta didik di SMA, pengambilan data dilakukan di SMA Mekar Arum Cilenyi pada kelas X MIPA 1, Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang meliputi; keterampilan merumuskna pertanyaan, menyampaikan argumen, mengumpulkan informasi dan mempertahankan argumen dan membuat kesimpulan pada saat pembelajaran berlangsung.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ripki Yanuar, Angger Saloko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.