Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Peserta Didik di SMA Mekar Arum Cileunyi

Authors

  • Ripki Yanuar Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Angger Saloko Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i6.2861

Keywords:

Quantum Teaching, Berpikir Kritis, Peserta Didik

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik, dikarenakan keterampilan berpikir kritis dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dikelas dan juga berguna bagi peserta didik dilingkungan masyarakat kelak, berdasarkan hal tersebut keterampilan berpikir kritis peserta didik harus ditumbuhkan pada saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran PPKn, penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap guru dan peserta didik di SMA, pengambilan data dilakukan di SMA Mekar Arum Cilenyi pada kelas X MIPA 1, Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang meliputi; keterampilan merumuskna pertanyaan, menyampaikan argumen, mengumpulkan informasi dan mempertahankan argumen dan membuat kesimpulan pada saat pembelajaran berlangsung.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Yanuar, R., & Saloko, A. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Peserta Didik di SMA Mekar Arum Cileunyi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(6), 277–284. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i6.2861