Persepsi Peserta didik Terhadap Penggunaan Virtual Reality Berbasis MilleaLab Sebagai Media Pembelajaran Geografi (Materi Fenomena Geosfer)

Authors

  • Maria A. Purwaningtyas Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
  • Dewi Lestari Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Zid Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
  • Oot Hotimah Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i6.2882

Keywords:

Persepsi Siswa, Virtual Reality, MilleaLab, Media Pembelajaran Geografi

Abstract

Media pembelajaran dituntut untuk selalu berkembang mengikuti era sekarang dan pendidik sebagai operator dituntut untuk menguasai media pembelajaran. Perkembangan dan penggunaan media pembelajaran secara visual, audio dan video hingga penggunaan Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran terus dilakukan penelitian dan dikembangkan. Hal ini dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi dan motivasi belajar peserta didik dalam penggunaan media VR. Penggunaan VR berbasis MilleaLab dapat dijadikan sebagai media pembelajaran Geografi untuk dapat mendukung peserta didik dalam mempelajari dan memahami materi pada dunia virtual. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Analisis deskriptif dilakukan dengan menjelaskan persepsi peserta didik terhadap penggunaan virtual reality berbasis millealab sebagai media pembelajaran geografi (materi fenomena geosfer).

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Purwaningtyas, M. A., Lestari, D. ., Zid, M. ., & Hotimah, O. . (2024). Persepsi Peserta didik Terhadap Penggunaan Virtual Reality Berbasis MilleaLab Sebagai Media Pembelajaran Geografi (Materi Fenomena Geosfer) . Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(6), 202–212. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i6.2882