Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Peserta Didik pada Masa Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.304Keywords:
flipped classroom, COVID-19, matematis, matematikaAbstract
Latar Belakang: Salah satu model pembelajaran yang cukup relevan untuk diterapkan dalam rangka pembelajaran online di masa pandemi COVID-19 adalah model pembelajaran flipped classroom. Model pembelajaran flipped classroom diterapkan sebagai salah satu metode atau cara alternatif yang efektif dalam memecahan masalah di masa pandemi COVID-19.
Tujuan: Menjelaskan efektivitas model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan kemampuan matematis peserta didik pada masa pandemi COVID-19.
Metode: Menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan pengumpulan data sekunder dilakukan melalui studi literatur, dengan mempelajari dan meneliti dokumen yang berhubungan dengan objek.
Hasil: Menunjukkan bahwa penerapan flipped classroom pada masa pandemi COVID-19 efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan efikasi diri peserta didik khususnya meningkatkan kemampuan matematis peserta didik. Keefektifan model ini didukung oleh banyaknya waktu yang tersedia bagi peserta didik untuk berdiskusi. Model pembelajaran flipped classroom dalam pembelajaran matematika dapat menciptakan kelas pembelajaran aktif karena peserta didik dapat berdiskusi dengan ilmu yang didapat sebelum pembelajaran di kelas.
Kesimpulan: Model pembelajaran flipped classroom dalam pembelajaran matematika dapat menciptakan kelas pembelajaran aktif karena peserta didik dapat berdiskusi dengan ilmu yang didapat sebelum pembelajaran di kelas. Model pembelajaran matematika dalam flipped classroom dalam meningkatkan kemampuan matematis, kognitif dan afektif peserta didik.