Supervisi Akademik dengan Pendekatan Artistik untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring

Authors

  • Elok Catur Wilujeng SD Negeri Sumberejo 01 Batu

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.306

Keywords:

supervisi, akademik, artistic

Abstract

Latar Belakang: Kurang maksimalnya guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19.

Tujuan: Meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran daring maupun luring melalui supervisi akademik dengan pendekatan artistik.

Metode: Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dalam dua siklus dengan subyek penelitian sebanyak 8 orang yang terdiri dari 6 guru kelas dan 2 guru mata pelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif.

Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dengan pendekatan artistik dapat meningkatkan kinerja guru  pada siklus I sebesar 75 % meningkat menjadi 85,5% pada siklus II. Sehingga terjadi peningkatan sebesar 12,5 %.

Kesimpulan: Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik secara artistik dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran daring. Hal ini terlihat dari hasil Siklus 1 dan Siklus 2 yang menunjukan bahwa kinerja guru dalam menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran mengalami peningkatan

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Catur Wilujeng, E. (2021). Supervisi Akademik dengan Pendekatan Artistik untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1664–1677. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.306