Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.308Keywords:
metode pembelajaran inkuiri, berpikir kritis, pelajaran IPSAbstract
Latar Belakang: Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang tiada henti, sebagai faktor penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan dapat membantu peserta didik untuk menumbuh kembangkan potensi peserta didik, sehingga peserta didik mampu menghadapi dan memecahkan problem kehidupan yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan: Meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui penerapan metode pembelajaran inkuiri pada pelajaran IPS pada siswa kelas V. Siswa Sekolah Dasar (SD) perlu dibekali berbagai cara untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Metode: Menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan model penelitian empat tahap dalam satu putaran atau (Siklus) yaitu: perencanaan pelaksanaan dan observasi-refleksi
Hasil: Dapat bermanfaat bagi keilmuan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut: 1) Kegunaan teoritis Penelitian ini diharapkan bagi keilmuan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial terkait dengan melalui pembelajaran Inkuiri sesuai upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2007.b) Kegunaan Praktis Secara praktis hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi guru, siswa, sekolah, dan peneliti .
Kesimpulan: Pembelajaran model inkuiri pada pembelajaran IPS di SD diharapkan siswa lebih berpikir kritis, analitis, kreatif, inovatif, dan menyenangkan.