Kreativitas Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Kolase Eceng Gondok Masa Pandemi di TK Permata

Authors

  • Rusmiati Rusmiati Universitas Panca Sakti, Bekasi
  • Rhoma Iskandar Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.311

Keywords:

kreativitas, anak usia dini, kolase, eceng gondok

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran kreativitas sebagai sebuah bentuk pembelajaran, yang dapat membantu menjelaskan dan menginterpretasikan konsep-konsep abstrak dengan melibatkan keterampilan keingintahuan juga kemampuan untuk menemukan, eksplorasi, pencarian kepastian dan antusiasme, yang semuanya merupakan kualitas-kualitas yang sangat besar yang terdapat pada anak usia 5-6 tahun.

Tujuan: Mengevaluasi masa pembelajaran yang dilakukan dari rumah melalui kolase tanaman eceng gondok.

Metode: Menggunakan    metode    observasi    selama    proses pembelajaran serta menggunakan jenis/pendekatan penelitian  yang  berupa  penelitian  kepustakaan (library  research),  dan selanjutnya penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.

Hasil: Hasil pengujian penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar anak dapat dipengaruhi oleh gambar-gambar yang menarik, meskipun dengan situasi dan kondisi masih dalam masa pandemi.

Kesimpulan: Kreativitas pembelajaran anak usia dini dapat diterapkan dengan melakukan melalui pembelajaran kolase tanaman eceng gondok sehingga kualitas keterampilan anak menjadi lebih baik.

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Rusmiati, R., & Iskandar, R. . (2021). Kreativitas Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Kolase Eceng Gondok Masa Pandemi di TK Permata . Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1751–1762. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.311