Kreativitas Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Kolase Eceng Gondok Masa Pandemi di TK Permata
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.311Keywords:
kreativitas, anak usia dini, kolase, eceng gondokAbstract
Latar Belakang: Pembelajaran kreativitas sebagai sebuah bentuk pembelajaran, yang dapat membantu menjelaskan dan menginterpretasikan konsep-konsep abstrak dengan melibatkan keterampilan keingintahuan juga kemampuan untuk menemukan, eksplorasi, pencarian kepastian dan antusiasme, yang semuanya merupakan kualitas-kualitas yang sangat besar yang terdapat pada anak usia 5-6 tahun.
Tujuan: Mengevaluasi masa pembelajaran yang dilakukan dari rumah melalui kolase tanaman eceng gondok.
Metode: Menggunakan metode observasi selama proses pembelajaran serta menggunakan jenis/pendekatan penelitian yang berupa penelitian kepustakaan (library research), dan selanjutnya penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.
Hasil: Hasil pengujian penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar anak dapat dipengaruhi oleh gambar-gambar yang menarik, meskipun dengan situasi dan kondisi masih dalam masa pandemi.
Kesimpulan: Kreativitas pembelajaran anak usia dini dapat diterapkan dengan melakukan melalui pembelajaran kolase tanaman eceng gondok sehingga kualitas keterampilan anak menjadi lebih baik.