Pengembangan Video Tutorial Rias Wajah Panggung sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Vita Pujawanti Dhana Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.313

Keywords:

PJJ, tata rias wajah video tutorial, penelitian, pengembangan

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) menjadi sebuah solusi metode pembelajaran yang harus ditempuh pada situasi pandemi COVID-19 saat ini. Salah satu upaya agar pendidikan jarak jauh menjadi optimal yaitu dengan menciptakan perangkat pembelajaran yang akan mendukung proses berjalannya kegiatan belajar mengajar.

Tujuan: Untuk menghasilkan sebuah video tutorial tata rias wajah panggung sebagai salah satu perangkat pembelajaran jarak jauh Mata Kuliah Tata Rias Wajah Khusus pada masa pandemi COVID-19.

Metode: Menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu; tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi.

Hasil: Validasi menghasilkan skor 3,66 atau 92,5 %. Sedangkan dari hasil uji coba pada mahasiswa didapatkan nilai 3,60 atau 90%. Keseluruhan nilai yang didapat baik dari ahli maupun mahasiswa, menunjukkan bawa video tutorial rias wajah panggung tersebut valid.

Kesimpulan: Video tutorial rias wajah panggung yang telah dikembangkan menjadi media pembelajaran yang layak digunakan jika demonstrasi secara langsung tidak dapat dilaksanakan seperti pada masa pandemi COVID-19 saat ini

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Pujawanti Dhana, V. (2021). Pengembangan Video Tutorial Rias Wajah Panggung sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1812–1823. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.313