Konsep Solusi Terhadap Problem Keterampilan (Skills) Berbahasa Inggris di Lembaga Pendidikan Indonesia

Authors

  • Widha Nur Hidayah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.314

Keywords:

bahasa inggris, skills; solusi, problem

Abstract

Latar Belakang: Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang secara global telah menguasai berbagai aspek kehidupan, seperti pada ilmu pengetahuan, teknologi informasi, pendidikan, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Inggris yang masih terjadi hingga saat ini yaitu masih banyak peserta didik baik dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi tidak bisa berbahasa Inggris dan belum mampu memaksimalkan keterampilan berbahasa Inggris mereka dengan baik, padahal bahasa Inggris sudah mereka pelajari bertahun-tahun di lembaga pendidikan. Salah satu penyebabnya adalah karena beberapa dari mereka menjadikan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran dan mata kuliah saja tanpa adanya peng-implementasian ilmu atau practice dalam penggunaan bahasa Inggris seperti reading, speaking, listening, writing dan lain sebagainya.

Tujuan: Untuk mengetahui solusi terhadap permasalahan keterampilan (skills) berbahasa Inggris.

Metode: Penelitian ini menggunakan studi pustaka atau library research yang mana mencari sumber data yang terkait dengan permasalahan yang dikaji melalui referensi-referensi seperti e-journal, e-book, buku-buku, artikel dan jurnal.

Hasil:  Penelitian tentang solusi terhadap problem keterampilan (skills) berbahasa Inggris menunjukkan bahwa, untuk dapat menguasai dan terampil berbahasa Inggris dengan baik, seharusnya proses pembelajaran menekankan pada aspek practice yaitu trial dan error sehingga peserta didik akan terlibat secara aktif dalam menyampaikan suatu gagasan/ pendapat sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya.

Kesimpulan: Solusi terpenting dalam meningkatkan ketrampilan berbahasa Inggris yaitu, tumbuhkan rasa percaya diri dalam mempraktekkan bahasa Inggris seperti berbicara, pelafalan kosakata dan lain sebagainya. Serta selalu mengimplementasikan pelajaran bahasa Inggris yang sudah dipelajari, mungkin dengan cara mendengarkan lagu berbahasa Inggris, membaca buku bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Nur Hidayah, W. (2021). Konsep Solusi Terhadap Problem Keterampilan (Skills) Berbahasa Inggris di Lembaga Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1824–1834. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.314