Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan (Jamaah Sholat Dhuha) di SMA Ma’arif Pandaan

Authors

  • Ahmad Fiqih Mahfudhi Wahid Universitas Yudharta Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
  • Achmad Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
  • Siti Khurotin Universitas Yudharta Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia
  • M. Ibnu Athoillah Universitas Yudharta Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i7.3164

Keywords:

Disiplin, Pendidikan, Peran Guru

Abstract

Peran guru pendidikan agama Islam adalah usaha secara sadar untuk mempersiapkan peserta didik memahami (mengetahui), terampil dalam melaksanakan (melakukan) dan mengamalkan (menjadi) agama Islam melalui kegiatan pendidikan. Dari ketiga aspek tersebut, "being aspect" (agama atau menjalani kehidupan berdasarkan ajaran dan nilai-nilai Islam) menjadi tujuan utama pendidikan agama Islam di sekolah. Disiplin adalah ketaatan pada aturan dan norma kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlaku dan dilaksanakan secara sadar, ikhlas dan fisik. Sehingga timbul rasa malu ketika melanggar disiplin dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan dalam kegiatan keagamaan adalah dengan 1) memberikan teladan dan teladan, 2) memberikan nasehat, 3) menegakkan disiplin, 4) membiasakan diri, 5) sebagai penyelenggara 6) sebagai motivator. Saran peneliti adalah berkolaborasi antara sekolah, siswa dan orang tua atau wali murid dalam meningkatkan kedisiplinan dalam kegiatan keagamaan di sekolah, orang tua dan guru memberikan dukungan dan motivasi agar tujuan dapat tercapai dengan baik. Siswa diharapkan dapat mengikuti kegiatan keagamaan, patuh dan taat pada peraturan sekolah dan guru sehingga pelaksanaan kegiatan keagamaan berjalan dengan tertib dan khusyuk.

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

Wahid, A. F. M., Yusuf, A. ., Khurotin, S. ., & Athoillah, M. I. . (2024). Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan (Jamaah Sholat Dhuha) di SMA Ma’arif Pandaan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(7), 407–413. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i7.3164