Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Kun Karima Pandeglang

Authors

  • Nofan Budi Santoso UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten, Indonesia
  • Rumbang Sirojudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten, Indonesia
  • Suadi Sa’ad UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten, Indonesia
  • Wasehudin Wasehudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3199

Keywords:

Kesiapan Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam

Abstract

SMA Kun Karima selaku sekolah penggerak Angkatan 2 yang mengimplementasikan kurikulum merdeka sehabis pandemic Covid 19, perihal tersebut dipengarui oleh pertumbuhan teknologi yang sangat pesat sehingga pengaruhi pergantian kebijakan pemerintah spesialnya di bidang Pembelajaran dengan merubah kurikulum 2013 jadi Kurikulum Merdeka, buat itu hendak terjalin pergantian serta tantangan guru dalam melaksanakan Kurikulum baru tersebut, makalah ini bertujuan menganalisa serta mengevaluasi kegiapan guru Pembelajaran Agama Islam di SMA Kun Karima Pandeglang dalam mempraktikkan Kurikulum Merdeka di kelas X serta XII, Fokusnya merupakan Perencanaan Pendidikan, Penerapan Pendidikan serta Asesmen Pendidikan. Dengan riset mengunakan tata cara kualitatif dengan pendekatan study deskriptif dengan satu responden, hasil merumuskan dalam perencanaan guru sanggup membuat materi ajar serta tujuan pendidikan cocok dengan ciri area SMA Kun Karima, serta guru sanggup mempraktikkan langka- langka pendidikan cocok dengan Materi Ajar yang dibuatnya, terakhir guru melaksanakan asesmen formatif serta sumatif cocok dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Dalam riset ini teruji guru guru Pembelajaran Agama Islam di SMA Kun Karima memiliki kesiapan serta kematangan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Buat mengoptimalkan pencapaian tujuan Pembelajaran yang di harapkan riset ini menggarisbawahi menyesuaikan diri guru dalam implementasi Kurikulum baru serta tingkatkan mutu pengajaran buat kesinambungan pertumbuhan Pembelajaran.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Santoso, N. B., Sirojudin, R. ., Sa’ad, S. ., & Wasehudin, W. (2024). Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Kun Karima Pandeglang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(8), 468–475. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3199