Analisis User Interface Usablity Aplikasi Tisa (Ticketing Support Application) Dengan Metode Hueristic evaluation
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v5i7.3207Keywords:
Analisis, Usability, Heuristic Evaluation, User InterfaceAbstract
Objek dalam penelitian ini adalah mengukur tingkat usability pada aplikasi TISA (Ticketing Support Application) pada salah satu perusahaan swasta.Dalam penelitian ini menggunakan metode Heuristic. Metode Heuristic yang digunakan menggunakan 10 prinsip usability Nielsen. Penelitian ini melibatkan 50 responden dari perusahaan dan subjek penelitian adalah aplikasi TISA (Ticketing Support Application). Responden yang berfungsi untuk memberikan penilaian berdasarkan 10 prinsip usability dengan memberikan kuisioner berjumlah 23 pertanyaan.Berdasarkan hasil dari rata-rata presentase pada hasil Heuristic eval__uation yang terdapat pada table 4.33. hasil tertinggi terdapat pada variabel Visibility of System dengan presentase sebesar 81%, dilanjut dengan variabel Use Control and Freedom dengan presentase sebesar 79%, kemudian variabel Flexibility and Efficient of Use dengan presentase sebesar 78%, kemudian variabel Aesthetic and Minimalist Design dengan presentase sebesar 77%, kemudian variabel Consistency and Standards dan Help and Documentation dengan rata-rata presentase sebesar 75%, kemudian variabel Match between system dengan presentase sebesar 74%, kemudian variabel Error Prevention dan Recognation Rather than Recall dengan rata-rata sebesar 73%, dan hasil terendah terdapat pada variabel Help users recognize, dialogue, and recovers from errors sebesar 72%Berdasarkan analisis presentase pada hasil Heuristic eval__uation yang dilakukan terhadap aplikasi TISA (Ticketing Support Application) pada salah satu perusahaan swasta, ditemukan bahwa variabel Visibility Of System memperoleh presentase tertinggi dengan nilai 81% dengan ini menyatakan . Variabel lainnya seperti Use Control and Freedom, Flexibility and Efficient Of Use, serta Aesthethic and Minimalist Design mendapatkan presentase yang cukup tinggi yaitu diatas 75%. Namun, variabel Help users recognize, dialogue, and recovers from errors mendapatkan presentase terendah dengan nilai 72%.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohamad Tsani Ghiffari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.