Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Pemerolehan Belajar Retensi Teks Naratif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Bengkayang
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.323Keywords:
media audio visual, retensi, teks naratifAbstract
Latar Belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemerolehan belajar retensi teks naratif pada siswa SMA yang disebabkan oleh lemahnya perhatian siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan belajar retensi teks naratif siswa dan perbedaan pemerolehan belajar retensi teks naratif antara siswa yang terlibat dengan pembelajaran memanfaatkan media audio visual dengan siswa yang terlibat pembelajaran konvensional.
Metode: Bentuk penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan rancangan pre-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI. MIPA.1 SMA Negeri 1 Bengkayang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI. MIPA.2 SMA Negeri 1 Bengkayang sebagai kelas kontrol dengan total jumlah siswa 44 orang.
Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pemerolehan belajar retensi teks naratif siswa yang dilibatkan dalam pembelajaran dengan pemanfaatan media audio visual lebih tinggi dengan nilai 3 dari rata-rata pemerolehan belajar retensi teks naratif siswa dalam pembelajaran konvensional dengan nilai 1,73 dan perbedaan delta rata-rata antar kelas t hitungnya sebesar 5,7221.
Kesimpulan: Pembelajaran Bahasa Inggris dengan memanfaatkan media audio visual berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemerolehan belajar retensi teks naratif siswa.