Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Pemerolehan Belajar Retensi Teks Naratif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Bengkayang

Authors

  • Silvia Shanti SMA Negeri 1 Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.323

Keywords:

media audio visual, retensi, teks naratif

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  rendahnya pemerolehan belajar retensi teks naratif pada siswa SMA yang disebabkan oleh lemahnya perhatian siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan belajar retensi teks naratif siswa dan perbedaan pemerolehan belajar retensi teks naratif antara siswa yang terlibat dengan pembelajaran memanfaatkan media audio visual dengan siswa yang terlibat pembelajaran konvensional.

Metode: Bentuk penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan rancangan pre-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI. MIPA.1 SMA Negeri 1 Bengkayang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI. MIPA.2 SMA Negeri 1 Bengkayang sebagai kelas kontrol dengan total jumlah siswa 44 orang.

Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pemerolehan belajar retensi teks naratif siswa yang dilibatkan dalam pembelajaran dengan pemanfaatan media audio visual lebih tinggi dengan nilai 3 dari rata-rata pemerolehan belajar retensi teks naratif siswa dalam pembelajaran konvensional dengan nilai 1,73 dan perbedaan delta rata-rata antar kelas t hitungnya sebesar 5,7221.

Kesimpulan: Pembelajaran Bahasa Inggris dengan memanfaatkan media audio visual berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemerolehan belajar retensi teks naratif siswa.

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Shanti, S. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Pemerolehan Belajar Retensi Teks Naratif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Bengkayang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1763–1774. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.323