Evaluasi Program Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Disiplin di SDN Rambutan 03

Authors

  • Haryanto Haryanto Program Pascasarjana Magister Pendidikan Dasar, Universitas Terbuka, Indonesia
  • Sugilar Sugilar Program Pascasarjana Magister Pendidikan Dasar, Universitas Terbuka, Indonesia
  • Amalia Sapriati Program Pascasarjana Magister Pendidikan Dasar, Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3258

Keywords:

CIPP, Ekstrakurikuler Pramuka, Pembentukan Karakter, dan Disiplin

Abstract

Masa remaja merupakan masa mereka membutuhkan pengakuan akan kemampuannya dari orang lain. Fenomena ini merupakan indikasi dari dekadensi karakter yang pada dasarnya tidak memiliki kedisiplinan dan contoh karakter bangsa yang bertentangan dengan visi misi pendidikan nasional. Kurangnya disiplin dapat berakibat melemahnya motivasi seseorang untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu, betapa pentingnya menegakkan disiplin agar sesuatu yang diinginkan dapat tercapai dengan tepat waktu. Untuk menanamkan karakter yang religius, cerdas dan berkarakter disiplin, sepertinya untuk pendidikan dasar tidak cukup hanya mengandalkan proses pembelajaran di kelas saja. Kurikulum pendidikan dasar yang ada di sekolah adalah pendidikan ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Model eval_uasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eval_uasi CIPP. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis hasil eval_uasi yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan hasil penelitian bahwa program ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter disiplin di SDN Rambutan 03 sudah terlaksana dengan baik.

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Haryanto, H., Sugilar, S., & Sapriati, A. . (2024). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Disiplin di SDN Rambutan 03. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(8), 568–577. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3258