Pengembangan Gsites Sebagai Media E-Learning pada Program E-Mentoring Penyusunan Modul Ajar Literasi Numerasi Di SD XYZ

Authors

  • Christiana Trisna Wati SD Tarakanita Citra Raya
  • Rudy Pramono Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3263

Keywords:

E-learning, E-mentoring, GSites, Modul Ajar

Abstract

Pendidikan yang berkualitas dapat diwujudkan apabila didukung guru yang kompeten, agar kompetensi guru terus meningkat, maka dilakukan pelatihan, pengembangan, dan mentoring. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan GSites sebagai media e-learning kegiatan mentoring dengan memberikan kesempatan belajar mandiri dalam menyusun modul ajar literasi numerasi. Pengembangan GSites menggunakan pendekatan Borg & Gall yang disesuaikan. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket, wawancara dan observasi, selanjutnya dilakukan analisis kuantitatif dan kualitatif. Uji coba dilakukan sebanyak 3 kali, uji coba awal kepada ahli website, uji terbatas kepada 5 orang guru, dan uji lapangan terhadap 28 guru. Hasil validasi yang dilakukan ahli website dan ahli eksternal sebesar 89,29%, menunjukkan produk yang dibuat valid dan layak digunakan. Uji coba terbatas guru dan uji coba pelaksanaan lapangan dilakukan sebanyak satu kali. Hasil uji coba terbatas menunjukkan hasil 3,67 dan 91,67% untuk kemudahan dan kepraktisan, struktur e-learning 3,52 dan 88,00%, dan komunikasi 3,57 dan 89,17%. Hasil uji coba lapangan menunjukkan 3,39 dan 84,67 %, untuk kemudahan dan kepraktisan, struktur e-learning 3,53 dan 88,15%, dan komunikasi 3,55 dan 88,84%. Produk yang dihasilkan menunjukkan bahwa GSites menarik, sangat sederhana dan praktis, terstruktur, dan sangat komunikatif.

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Wati, C. T., & Pramono, R. . (2024). Pengembangan Gsites Sebagai Media E-Learning pada Program E-Mentoring Penyusunan Modul Ajar Literasi Numerasi Di SD XYZ . Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(8), 476–486. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3263