Pelatihan Komunikasi Publik dalam Konteks Psikologi: Pengenalan Karakter Siswa-Siswi dan Guru SMA Cinta Kasih Tzu Chi
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3266Keywords:
Komunikasi Psikologi, Komunikasi Publik, Pengabdian MasyarakatAbstract
Kegiatan berkomunikasi selalu terjadi dalam keseharian manusia. Namun, pengenalan diri sendiri maupun khalayak saat berkomunikasi kerap dilupakan sebagai salah satu faktor utama untuk mencapai keberhasilan komunikasi. Pelatihan komunikasi publik yang dikemas dengan interaktif dengan turut mempelajari keilmuan komunikasi psikologi, dberikan kepada siswa-siswi dan guru SMA Cinta Kasih Tzu Chi. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada para peserta pelatihan tentang bagaimana mengenal karakter diri mereka secara pribadi maupun mengenal khalayak yang akan menjadi penerima pesan dalam proses berkomunikasi. Oleh karena ini, tema yang diangkat pada kegiatan pelatihan ini adalah “Kenali Diriku & Lawan Bicaraku”. Metode yang dilakukan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa pemaparan materi yang dikolaborasikan dengan kegiatan interaktif seperti tanya-jawab dan latihan praktis kepada siswa-siswi dan guru SMA. Hasil dari kegiatan ini menunjukan umpan balik positif dari para peserta. Pelatihan berjalan dengan baik dan telah memberi pengetahuan teoretis dan praktis tidak hanya kepada para siswa-siswi, melainkan para guru SMA Cinta Kasih Tzu Chi. Adapun temuan terkait pentingnya pembelajaran dan hubungan antara aplikasi komunikasi publik dan pengenalan karakter untuk meningkatkan efisiensi komunikasi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Surianto Surianto, Zera Edenzwo Subandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.