Analisis Perkembangan Kognitif Anak Gifted and Talented Pada Usia Sekolah Dasar: Implikasi Pendidikan dan Tantangan
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3267Keywords:
Perkembangan kognitif, keberbakatan, pendidikan keberbakatan, perkembangan alamiAbstract
Penelitian ini dimaksudkan sebagai sumber pengetahuan mendalam bagi para akademisi dan personil sekolah yang tertarik untuk mengidentifikasi pendekatan perkembangan kognitif anak berbakat.. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur sistematis (SLR). Pencarian literatur dilakukan melalui database akademis seperti PubMed, Google Scholar, dan PsycINFO dan Scopus. Kata kunci yang digunakan meliputi "anak berbakat", "anak berbakat", "perkembangan kognitif", "usia sekolah dasar", dan variasi lainnya. Skema Bettany-Saltikov juga dapat digunakan pada semua tahap penelitian yang menggunakan pendekatan SLR. Anak-anak berbakat menunjukkan perkembangan kognitif yang lebih awal dan lebih maju dalam penalaran perseptual, pemikiran abstrak, dan kesadaran, yang memengaruhi kinerja akademik mereka di masa depan, motivasi untuk belajar dan pengembangan diri, serta komitmen terhadap minat. Secara lebih spesifik, penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun anak-anak dapat mencapai pencapaian Piaget di usia yang lebih tua dan memenuhinya dengan kecepatan yang konsisten, hubungan antara IQ dan tugas-tugas Piaget lebih signifikan dalam hal perkembangan anak. Temuan ini memiliki implikasi penting dalam bidang pendidikan. Selama masa kanak-kanak, psikolog sekolah terlatih yang berspesialisasi dalam pendidikan berbakat bertujuan untuk mengidentifikasi anak-anak berbakat dengan menggunakan tes inteligensi dan alat ukur lainnya untuk menilai kepribadian, kreativitas, motivasi, dan gaya belajar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iqbal Nizar Perdana, Syafrimen Syafril, Chairul Amriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.