Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pantun Melalui Pendekatan Pragmatik Pembacaan Puisi Berdendang Berbalas Pantun di Kelas VII.1 SMP Negeri 16 Depok

Authors

  • Lilis Surtini UPTD SMP Negeri 16 Depok

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.328

Keywords:

pragmatik, motivasi, hasil belajar, , puisi berdendang, berbalas pantun

Abstract

Latar Belakang: Motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi pantun di kelas VII.1 SMP Negeri 16 Depok masih tergolong rendah dan hasil belajar siswa belum mencapai  ketuntasan nilai KKM 70.

Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII.1 SMPN 16 Depok melalui pendekatan pragmatis  pembacaan pantun berdendang berbalas pantun

Metode: Penelitian  ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas  berupa siklus kegiatan di mana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.

Hasil : Penelitian ini menghasilkan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas VII.1  SMP Negeri 16 Depok dengan pembuktian sebagai berikut .Pada siklus I motivasi belajar  siswa  yang positif  hanya 40%   kemudian meningkat menjadi 80% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar yang pada siklus I hanya 50% siswa yang mencapai KKM 70 kemudian  pada siklus II meningkat menjadi 80% siswa tuntas atau mencapai KKM.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pragmatis pembacaan puisi bberdendang berbalas pantun dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa  kelas VII.1 SMP Negeri 16  Depok pada materi pantun secara signifikan

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Surtini, L. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pantun Melalui Pendekatan Pragmatik Pembacaan Puisi Berdendang Berbalas Pantun di Kelas VII.1 SMP Negeri 16 Depok. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1688–1697. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.328