Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pantun Melalui Pendekatan Pragmatik Pembacaan Puisi Berdendang Berbalas Pantun di Kelas VII.1 SMP Negeri 16 Depok
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.328Keywords:
pragmatik, motivasi, hasil belajar, , puisi berdendang, berbalas pantunAbstract
Latar Belakang: Motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi pantun di kelas VII.1 SMP Negeri 16 Depok masih tergolong rendah dan hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan nilai KKM 70.
Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII.1 SMPN 16 Depok melalui pendekatan pragmatis pembacaan pantun berdendang berbalas pantun
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas berupa siklus kegiatan di mana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil : Penelitian ini menghasilkan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas VII.1 SMP Negeri 16 Depok dengan pembuktian sebagai berikut .Pada siklus I motivasi belajar siswa yang positif hanya 40% kemudian meningkat menjadi 80% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar yang pada siklus I hanya 50% siswa yang mencapai KKM 70 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80% siswa tuntas atau mencapai KKM.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pragmatis pembacaan puisi bberdendang berbalas pantun dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII.1 SMP Negeri 16 Depok pada materi pantun secara signifikan