Literasi Numerasi Pada Perangkat Pembelajaran di SMK

Authors

  • Dadang Hafid Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas April, Indonesia
  • Muhamad Kamaludin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas April, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3284

Keywords:

Literasi, Numerasi, Perangkat Pembelajaran, Sekolah Menengah Kejuruan, Kompetensi Otomotif

Abstract

Revolusi industri 4.0 telah mempengaruhi berbagai sektor, termasuk bidang Pendidikan Kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran SMK yang mengintegrasikan kemampuan literas dan numerasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal kompetensi, literasi dan numerasi. Dalam penelitian ini digunakan metode studi literatur. Teknik analisis data yang dilakukan adalah (1) Mengkaji literasi dan numerasi  beserta permasalahan yang mungkin muncul dan solusinya dalam pembelajaran di SMK. (2) Mengkaji berbagai komponen perangkat pembelajaran yang memungkinkan dapat menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK, (3) Menetapkan komponen yang memiliki peluang yang besar sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan kualitas pembelajaran di SMK, yaitu model pembelajaran karena dalam penggunaan model pembelajaran komponen pembelajaran lain dapat diintegrasikan (Pendekatan Model Pembelajaran Work-based Learning). (4) Sinkronisasi antara literasi dan numerasi dengan karakteristik perangkat pembelajaran di SMK, dan (5) Merancang hasil sinkronisasi berupa muatan materi dan aktivitas yang akan dilakukan dalam langkah-langkah Work-bassed Learning (WBL). Hasil penelitian adalah berupa rancangan model WBL dalam pembelajaran mata pelajaran produktif di SMK dengan mengintegrasikan kemampuan literasi dan numerasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Downloads

Published

2024-08-24

How to Cite

Hafid, D., & Kamaludin, M. . (2024). Literasi Numerasi Pada Perangkat Pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(8), 613–619. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3284