Adaptasi Karakter “Maleficent: Mistress of Evil” Pada Busana Pesta Malam
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3294Keywords:
Film Maleficent, Busana Pesta Malam, Proses Desain, Karakter Tokoh, Pembuatan BusanaAbstract
Maleficent adalah tokoh utama Protagonis, yang pada akhirnya diceritakan dengan menarik tentang alasan mengapa Maleficent berakhir sebagai tokoh Antagonis. Perubahan karakter tersebut dapat mengubah aspek-aspek pendukungnya, salah satunya adalah aspek visual termasuk kostum yang digunakan. Perubahan dari karakter Antagonis menjadi Protagonis yang dimasukkan dengan unsur gaun malam dan kostum yang digunakan oleh Maleficent dalam film "Maleficent: Mistress of Evil", diadaptasi menjadi gaun malam dengan model ball gown. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakter Maleficent dapat diinterpretasikan ke dalam desain busana, serta bagaimana elemen-elemen spesifik seperti aksesoris dan material dapat mempengaruhi hasil akhir gaun. Metode yang digunakan adalah Three-stage design process, yang terdiri dari 3 tahap: Definisi & Riset Masalah, Eksplorasi Kreatif, dan Implementasi. Hasil dari pengembangan desain pada karakter adaptasi "Maleficent: Mistress of Evil" pada gaun malam dengan model ball gown yang diciptakan memenuhi unsur kostum Maleficent dan karakteristik gaun malam dengan model ball gown dengan menggunakan warna hitam dan korsase berwarna emas, serta aksesoris headpiece berbentuk tanduk Maleficent merupakan penggambaran karakter Maleficent yang memiliki sifat yang kuat, tegas, dan penyayang.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ragil Fahria Hernawan, Mila Karmila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.