Adaptasi Karakter “Maleficent: Mistress of Evil” Pada Busana Pesta Malam

Authors

  • Ragil Fahria Hernawan Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Mila Karmila Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3294

Keywords:

Film Maleficent, Busana Pesta Malam, Proses Desain, Karakter Tokoh, Pembuatan Busana

Abstract

Maleficent adalah tokoh utama Protagonis, yang pada akhirnya diceritakan dengan menarik tentang alasan mengapa Maleficent berakhir sebagai tokoh Antagonis. Perubahan karakter tersebut dapat mengubah aspek-aspek pendukungnya, salah satunya adalah aspek visual termasuk kostum yang digunakan. Perubahan dari karakter Antagonis menjadi Protagonis yang dimasukkan dengan unsur gaun malam dan kostum yang digunakan oleh Maleficent dalam film "Maleficent: Mistress of Evil", diadaptasi menjadi gaun malam dengan model ball gown. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakter Maleficent dapat diinterpretasikan ke dalam desain busana, serta bagaimana elemen-elemen spesifik seperti aksesoris dan material dapat mempengaruhi hasil akhir gaun. Metode yang digunakan adalah Three-stage design process, yang terdiri dari 3 tahap: Definisi & Riset Masalah, Eksplorasi Kreatif, dan Implementasi. Hasil dari pengembangan desain pada karakter adaptasi "Maleficent: Mistress of Evil" pada gaun malam dengan model ball gown yang diciptakan memenuhi unsur kostum Maleficent dan karakteristik gaun malam dengan model ball gown dengan menggunakan warna hitam dan korsase berwarna emas, serta aksesoris headpiece berbentuk tanduk Maleficent merupakan penggambaran karakter Maleficent yang memiliki sifat yang kuat, tegas, dan penyayang.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Hernawan, R. F., & Karmila, M. (2024). Adaptasi Karakter “Maleficent: Mistress of Evil” Pada Busana Pesta Malam . Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(8), 630–640. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3294