Analisis Pembelajaran Daring Melalui Sosial Media pada Prodi PTIK IAIN Bukittinggi

Main Article Content

Ausi Anggina
a:1:{s:5:"en_US";s:57:"Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia";}
Zulfani Sesmiarni
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia
Supratman Zakir
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia
Iswantir Iswantir
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia

Latar Belakang: Pembelajaran daring yang dijalani dalam rangka bertujuan untuk mengurangi angka penyebaran COVID-19. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring mengakibatkan dosen maupun mahasiswa tidak bisa tatap muka lalu belajar dari rumah masing-masing. Disini terdapat banyak kesulitan yang dialami mahasiswa terutama masalah jaringan yang kurang memadai bagi sejumlah besar mahasiswa terlebih bagi mereka yang tinggal di pedesaan.


Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yakni penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, atau dengan kata lain penelitian deskriptif adalah penelitian yang mengkaji data secara mendalam tentang semua kompleksitas yang ada dalam konteks penelitian.


Hasil: Terlihat bahwa mahasiswa sangat kesulitan terhadap pembelajaran daring dikarenakan faktor jaringan yang kurang memadai, karena faktor tersebut mahasiswa kesulitan untuk mengikuti pembelajaran dan akhirnya kurang paham terhadap pelajaran yang diberikan. Pembelajaran daring dalam pelaksanaannya dengan menggunakan sosial media seperti WAG, Zoom, Classroom dan juga Schooloogy.


Kesimpulan: Perkuliahan terlaksana dengan baik tergantung pada jaringan yang ada, disaat jaringan tidak mendukung mengakibatkan tidak bisa mengikuti perkuliahan dengan baik. namun susah disaat materi yang bersifat praktek karena sangat susah memahaminya dan susah mengerjakannya. Kurangnya penjelasan yang diberikan dosen mengakibatkan kesulitan bagi mahasiswa untuk memahami pelajaran.


Keywords: analisis;, pembelajaran daring;, sosial media;, kualitatif