Persepsi Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Mengunakan Forum Diskusi dan Gmeet pada Masa Pandemi COVID-19

Main Article Content

Herlina Herlina
a:1:{s:5:"en_US";s:44:"Universitas Bunda Mulia, Jakarta, Indonesia ";}

Latar Belakang: Pada saat Pandemi COVID-19 dunia Pendidikan sudah melakukan Pendidikan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Berbagai instansi dunia Pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi dalam melakukan pembelajaran dilakukan secara daring. Universitas Bunda Mulia melakukan pembelajaran daring dengan menggunakan forum diskusi dan gmeet.


Tujuan: Untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa pada pembelajaran daring yang menggunakan forum diskusi dan gmeet.


Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, teknik pengambilan sampel dengan cara exsidental dengan sampel sebanyak 118 mahasiswa.


Hasil: Berdasarkan 12 pernyataan yang diberikan rata-rata mahasiswa memberikan respon positif dalam pembelajaran menggunakan diskusi forum dan gmeet. Kendala yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran daring selama COVID-19 adalah jaringan internet.


Kesimpulan: Menunjukkan bahwa pembelajaran daring di Universitas Bunda Mulia di masa pandemi COVID-19 berjalan dengan sangat baik. Pembelajaran daring menggunakan forum diskusi dan gmeet tidak mengurangi pemahaman siswa dalam belajar. Namun yang menjadi kendala dalam pembelajaran daring adalah jaringan. Oleh sebab itu pembelajaran daring menggunakan forum diskusi dan gmeet di masa Pandemi sangat efektif dilaksanakan.


Keywords: online learning;, COVID-19