Korelasi Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri 1 Kecamatan Kapur Ix

Main Article Content

Caca Meiwendika
a:1:{s:5:"en_US";s:58:"Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia";}
Zulfani Sesmiarni
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia
Iswantir Iswantir
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia
Supratman Zakir
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Indonesia

Latar belakang: Mewabahnya Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), sehingga memaksa proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh atau daring. Pembelajaran daring membentuk persepsi yang berbeda bagi siswa, sehingga persepsi yang diberikan dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran daring dengan hasil belajar pada mata pelajaran TIK kelas XI di SMA negeri 1 Kecamatan Kapur IX.


Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif asosiatif, metode yang digunakan adalah metode korelasional yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui hubungan timbal balik antara dua variabel


Hasil: Bahwa persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran daring dikategorikan sangat baik sebesar 43,2%. Hasil belajar TIK siswa kelas XI memperoleh kategori sangat tinggi sebesar 36,4% dengan rata-rata hasil belajar 76,66, 54,5% diatas KBM dan 45,5% dibawah KBM. Untuk korelasi antara persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran daring dengan hasil belajar memiliki korelasi positif sebesar 0,547 atau sedang dan signifikan.


Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran daring berada pada tingkatan sangat baik sebesar 43,2%. Hasil belajar TIK siswa kelas Xi paling banyak memperoleh kategori sangat tinggi sebesar 36,4% dengan rata-rata hasil belajar 76,66, 54,5% diatas kkm dan 45,5% dibawah KKM.


Keywords: persepsi;, pembelajaran daring;, hasil belajar