Penerapan Coaching dalam Program Perkembangan Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i11.343Keywords:
program coaching;, program perkembangan;, peserta didik.Abstract
Latar Belakang: Program merdeka belajar, gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ini merupakan pilihan bebas yang dapat diberikan kepada murid agar sesuai dengan minat dan karakter mereka. Mengingatkan bahwa tugas guru tidak hanya menjalankan kurikulum tetapi juga menjadi penghubung antara kurikulum dan minat siswa, setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda.
Tujuan: Penulisan ini bertujuan untuk Memberikan gambaran umum pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Coaching.
Metode: Menggunakan metode studi literatur yang telah dikompilasi, dianalisis, dan disimpulkan dari beberapa jurnal yang relevan dengan judul penelitian.
Hasil: Memberikan tindak lanjut terhadap kekurangan-kekurangan yang ada. Sehingga proses pembelajaran menjadi lebih bermakna, interaktif, dan menyenangkan bagi peserta didik.
Kesimpulan: Coaching merupakan salah satu metode yang efektif untuk diterapkan dalam bidang pendidikan yang prosesnya berpusat pada siswa. Dengan metode ini, pendidik dapat mendorong peserta didik untuk menerapkan kemampuan komunikasi, kolaborasi, berpikir kreatif.