Implementasi Pendidikan Humanis Religius dalam Membangun Karakter Siswa pada Masa Pandemi COVID-19 Di SMA Negeri 1 Krangkeng Indramayu

Main Article Content

Reni Matofiani
a:1:{s:5:"en_US";s:61:"Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia";}
Widia Ningsi Simanjuntak
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Aditya Henda Ramadhan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Latar Belakang: Belajar merupakan aktivitas psikis yang berlangsung antara interekasi sosial atau dengan lingkungannya kemudian menghasilkan perubahan. Implementasi Teori humanistik sendiri lebih condong pada pelaku dan bukan pengamat.


Tujuan: 1). Untuk mengetahui kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 1 Krangkeng Indramayu. 2). Untuk mengetahui Budaya Religius di SMA Negeri 1 Krangkeng Indramayu. 3). Untuk mengetahui tindakan Humanis Religius dalam membangun karakter siswa pada masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Krangkeng Indramayu.


Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumen.


Hasil: Penelitian menghasilkan Implementasi pendidikan humanis religius dalam membangun karakter siswa pada masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Krangkeng Indramayu yaitu dengan pada masa pandemi COVID-19 yaitu memberikan bimbingan individu, memberikan metode pembelajaran yang berbeda-beda, dan menerapkan model pembelajaran yang menarik.


Kesimpulan: Implementasi pendidikan humanis religius dalam membangun karakter siswa pada masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Krangkeng Indramayu yaitu dalam kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 1 Krangkeng Indramayu yaitu dengan: Memberikan bimbingan individu yang dilakukan oleh wali kelas melalui media komunikasi, baik berkaitan dengan kendala yang dialami oleh peserta didik selama pembelajaran berlangsung dan memberikan motivasi kepada peserta didik sebagaimana yang kita ketahui bahwasannya pada masa SMA yaitu masa perkembangan pemikiran dari peserta didik sehingga sangat ideal jika membantu peserta didik dalam membentuk karakternya. Kemudian memberikan metode pembelajaran yang berbeda-beda, upaya ini dilakukan dengan tujuan supaya guru dapat menyampaikan materi dengan mudah dan peserta didik dapat berperan aktif serta kreatif dalam proses pembelajaran berlangsung.


Keywords: humanis;, religius;, karakter