Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Bagi Prestasi Belajar Kimia Melalui Pembelajaran Daring

Authors

  • Anisa Aurum Ningtyas a:1:{s:5:"en_US";s:31:"STMIK Insan Pembangunan, Banten";}

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i11.358

Keywords:

lingkungan keluarga, ketersediaan fasilitas, prestasi belajar, pembelajaran daring

Abstract

Latar Belakang: Dunia tengah mengalami wabah COVID-19, yang mempengaruhi banyak sektor, salah satunya pendidikan. Untuk menghindari dan menahan pandemi COVID-19 yang mewabah dunia sekarang, pemerintah telah menerapkan kebijakan baru dengan melakukan kegiatan belajar dilakukan di rumah (daring).

Tujuan: Mengkaji serta menganalisis efek daripada lingkungan keluarga serta ketersediaan fasilitas pembelajaran kimia secara online.

Metode: Penelitian ini adalah kuantitatif melalui pengujian SPSS 21. Dalam hal menjelaskan hubungan Lingkungan Keluarga (X1) serta Ketersediaan Fasilitas Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar Kimia (Y), peneliti menggunakan sampel yakni 115 peserta didik, kelas XI IPA, SMA N 1 Banjarnegara.

Hasil: Terdapat pengaruh dari lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar kimia sebesar 0,763 serta pengaruh fasilitas belajar bagi prestasi belajar kimia sebesar 0,827

Kesimpulan: Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga dan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa.

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Aurum Ningtyas, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Bagi Prestasi Belajar Kimia Melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1835–1843. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i11.358