Pelatihan Time Management Siswa SMAN 30 Jakarta dalam Mengurangi Prokrastinasi Akademik

Authors

  • Mega Jiunistari Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i12.384

Abstract

Latar Belakang: Prokrastinasi akademik menjadi alasan sebagian siswa SMAN 30 Jakarta yang memiliki hasil belajar rendah. Mengatasi masalah tersebut maka pelatihan time management dibuat.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah mengatasi masalah prokrastinasi akademik siswa SMAN 30 Jakarta dengan pelatihan time management.

Metode: Subjek penelitian yaitu siswa kelas X IPS SMAN 30 Jakarta berjumlah 10 orang, yang diberi pelatihan time management dengan menggunakan metode desain quasi experiment, pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar, dengan kondisi awal hasil belajar (pretest) siswa seimbang dan hasil belajar berikutnya sebagai (posttest).

Hasil: Menunjukkan hipotesis nihil atau gagal, yang berarti tidak memiliki pengaruh pelatihan time management dalam mengurangi prokrastinasi akademik siswa SMAN 30 Jakarta.

Kesimpulan: Pelatihan time management tidak mempengaruhi tingkat prokrastinasi akademik siswa SMAN 30 Jakarta. Meskipun demikian, berdasarkan pernyataan siswa secara langsung dan hasil angket menunjukkan siswa SMAN 30 Jakarta merasakan manfaat dari pelatihan ini, yaitu mengenal keadaan yang menimbulkan perilaku prokrastinasi akademik.

Downloads

Published

2021-12-21 — Updated on 2021-12-22

Versions

How to Cite

Jiunistari, M. . (2021). Pelatihan Time Management Siswa SMAN 30 Jakarta dalam Mengurangi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(12), 2062–2068. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i12.384 (Original work published December 21, 2021)