Upaya Memperbaiki Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Lompat dengan Rintangan pada Siswa KELAS XII IPA 4 SMA Negeri 2 Kayuagung Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i12.404Keywords:
lompat, , gaya jongkok, rintanganAbstract
Latar Belakang: Sebagai seorang pendidik di dalam memberikan pengajaran kepada peserta didik akan menemui berbagai tingkat ketercapain pada saat dan setelah proses pembelajaran. Sering sebagian besar siswa mengalami permasalahan-permaslahan yang terjadi pada kegiatan di kelas tersebut. Dalam upaya meningkatkan keberhasilan siswa dalam pembelajaran dan termasuk di dalamnya untuk mencapai ketuntasan belajar siswa atau KKM pada suatu rombongan belajar khususnya kelas XII IPA 4 SMA Negeri 2 Kayuagung perlu adanya inovasi pada kegiatan belajar mengajar (KBM) oleh guru.
Tujuan: Untuk memperbaiki proses pelaksanaan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dapat diperbaiki melalui lompat dengan rintangan di SMA Negeri 2 Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Teknik-teknik pengumpulan data adalah berupa Assesment dan Pekerjaan Siswa. Teknik analisis data secara umum menggunakan deskripsi kualitatif melalui empat komponen yaitu kategorisasi data, validasi data, interpretasi data dan tindakan.
Hasil: Melalui beberapa tahapan pembelajaran mulai dari tes awal, pertemuan I dan II, serta tes akhir ditemukan adanya perubahan dan peningkatan ketuntasan KKM, yaitu pada pre-test 15,15%, pertemuan I sebesar 51,56 %, dan pertemuan II sebesar 93,94%. Setelah dianalisa peningkatan keberhasilan dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok adalah 66,71%.
Kesimpulan: Bahwa ada peningkatan hasil yang cukup signifikan prosentase ketuntasan KKM dari 15,15% pada pre-test menjadi 93,94% pada akhir pertemuan II. Ini dapat diartikan bahwa lompat dengan rintangan pada lompat jauh gaya jongkok dapat memperbaiki pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Riyanto Riyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.