Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Menggunakan Media Gambar Peristiwa Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v1i04.47Keywords:
Kemampuan Menulis, Teks Eksplanasi, Media GambarAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis teks eksplanasi fenomena sosial dengan media gambar peristiwa (2) perubahan perilaku belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi fenomena sosial menggunakan media gambar peristiwa siswa kelas XI SMK Negeri 1 Unaaha (3) peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi fenomana soaial setelah menggunakan media gambar peristiwa siswa kelas XI SMK Negeri 1 Unaaha tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Unaaha. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengetehui kemampuan siswa menulis teks eksplanasi fenomena sosial, dan berupa non tes seperti angket dan lembar observasi untuk mengetahui minat dan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran teks eksplanasi fenomena sosial. Penelitian dianggap berhasil jika jumlah siswa yang mencapai KKM 75 sebanyak 75%. Hasil penelitian ini adalah (1)langkah-langkah yang diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media gambar peristiswa adalah siswa mengamati gambar dan menemukan ide awal untuk menulis teks eksplanasi, berdasarkan gambar siswa mengamati secara fatkual, procedural, berdasarkan gambar yang diamati siswa mampu mengembangkan teks ekplanasi. (2)Pengaruh media gambar peristiwa terhadap sikap dan minat siswa dalam pembelajaran teks eksplanasi dari prasiklus, Siklus I dan Siklus II menunjukkan adanya perubahan semakin positif. Pada pra siklus siswa yang siap menerima pemnbelajaran baru mencapai 47,22% dengan kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 61,1% dan pada siklus II menjadi 80,56% kategori baik. Sedangkan keaktifkn siswa pra siklus hanya mencapai 47,22% siswa terlihat aktif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, meningkat menjadi lebih baik menjadi 77,78% kategori baik pada siklus I, dan pada siklus II jumlah siswa yang aktif meningkat menjadi 86,11% kategori baik. (3)Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi diikuti semakin meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM. Pada tes awal rata-rata yang dicapai adalah 71,56 dengan ketuntasan 25,0%. Kemudian pada siklus I rata-rata kemampuan menulis teks ekslanasi mencapai 75,47 dengan ketuntasan 58,33%. Pada siklus II rata-rata kemampuan menulis teks eksplanasi meningkat menjadi 78,56 dengan ketuntasan 80,56%.